Sunday, August 5, 2018

Pengertian,Manfaat dan Jenis-jenis Pengelolaan Kelas Maya|LENGKAP!

Apa itu Kelas Maya?Serta Apa Manfaatnya?

Kelas Maya (Virtual Class) adalah sebuah kelas yang diadakan tanpa adanya tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Jadi, kelas maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi sama seperti kegiatan belajar mengajar dikelas. Hanya saja yang membedakan kelas maya dengan kelas biasa yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas memiliki perbedaan dalam berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.
Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru atau pengajar, siswa atau penerima bahan ajar, maupun orang tua atau wali. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.

Jenis-jenis Pengelolaan Kelas Maya

Pengelolaan kelas maya dapat dilakukan menggunakan berbagai aplikasi antara lain sebagai berikut :
1. Learning Management System
LMS atau yang lebih dikenal dengan Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan sebuah kegiatan, kegiatan belajar mengajar, kegiatan secara online (terhubung ke internet), E-learning, dan materi-materi pelatihan. Semua itu dilakukan dengan online atau terhubung dengan internet.
2. Learning Content Management System
LCMS atau yang dikenal sebagai Learning Content Management System adalah aplikasi komputer yang digunakan untuk membuat, memperbaharui, mengelola atau mempublikasikan isi dalam sebuah sistem yang teroganisir dan konsiten yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. LCMS digunakan untuk menyediakan, mengawasi, memperinci dan mempublikasikan dokumen-dokumen spesifik seperti artikel, manual operator, manual teknis, panduan penjualan dan brosur penjualan. Sebuah LCMS dapat berisi file komputer, gambar, audio, video, dokemen elektronik dan isi website.
3. Social Learning Network
SLN atau yang biasa dikenal sebagai Social Learning Network adalah sebuah jejaring social untuk pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada kelompok belajar. Skala sosialnya yang lebih besar, media ini bagi sebagian peserta dapat menyebabkan perubahan sikap dan perilaku, sedangkan bagi sebagian yang lain tidak menimbulkan dampak apa-apa.

Pemanfaatan Social Learning Network

1. Pemanfaatan pada jejaring sosial Edmondo
Edmodo adalah program jejaring sosial untuk guru, siswa, dan orang tua yang berbasis sekolah. Sebenarnya program jejearing sosial ini telah dikembangkan mulai September 2008 lalu oleh Nicolas Borg dan Jeff O’Hara. Edmodo merupakan representasi institusi virtual yang berkantor pusat di San Mateo, California.
Kenapa harus Edmodo …?
Alasanya, karena Edmodo merupakan jejaring sosial yang dapat diakses dimana saja asalkan ada akses ke internet. Untuk aplikasinya bisa digunakan secara gratis dan interfacenya mirip dengan media sosial facebook, kemudian support sistemnya sangat bagus dan tersedia dalam beberapa bahasa diantaranya Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Belanda, Yunani dan Perancis.
Apa keunggulan dari Edmodo …?
Keunggulan Edmodo, yaitu menyediakan fasilitas yang mudah dan aman dalam mengembangkan kelas sesuai dengan keinginan, memberi kesempatan terjadinya pembelajaran sesuai karakteristik murid yang berbeda secara personal, dan menyediakan sarana komunikasi bagi guru, siswa, dan orang tua/ wali murid secara personal. Keunggulan lainnya adalah Edmodo akan memudahkan guru, siswa dan orang tua dalam berbagai ide atau gagasan, berbagi file, penugasan/ PR, penilaian, kuis/ ulangan, polling, diskusi, mengingatkan tugas, dll.
Fasilitas yang akan didapat dari guru di Edmodo antara lain guru dapat mendesain kelas secara online sesuai keinginan. Jadi, setiap kelas memiliki kode kelas yang unik (tiap kelas bisa dibuat berbeda), mengendalikan siapa saja yang boleh bergabung, berkomentar/ berpesan ke kelas, perorangan secara spesifik/ individual, memberikan tugas, menanggapi dan menilai tugas yang telah dikerjakan, membuat kuis/ ulangan interaktif, melakukan polling, membentuk kelompok-kelompok kecil, berkomunikasi secara personal, berkolaborasi dengan guru lainnya
Sedangkan fasilitas yang didapatkan untuk orang tua yaitu mampu mengamati semua aktifitas anaknya di edmodo, berkomunikasi dengan guru anaknya, mengetahui perkembangan anaknya, hanya bisa berkomunikasi dengan guru dan anaknya. Bahkan untuk siswa juga akan mendapatkan fasilitas memperoleh kelas yang aman dan nyaman untuk belajar, melihat jadwal kegiatan yang harus dilakukannya, mendownload materi, buku dan berbagai sumber yang disediakan, mengerjakan tugas, melihat komentar dan nilai dari tugas yang diberikan, berpartisipasi dalam diskusi kelompok, memberikan pendapat pada jajak pendapat, mengakses kelas dimana saja selama terkoneksi dengan internet (dimanapun ia berada).
Adakah kekurangan dari Edmodo …?
Tentu ada, kekurangan pada edmodo adalah sebagai berikut :
1. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing).
2. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
3. Video Conference belum tersedia, sebenarnya hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
Komponen Pendukung Kelas Maya

Komponen Pendukung Kelas Maya (Virtual Class)

Dalam kelas maya atau virtual class juga harus ada yang namanya kompunen pendukung. Keudian di kelas maya ini setidaknya sobat harus memiliki lima macam komponen pendukung, dianytaranya :
a. Konten untuk pembelajaran
Kelas maya merupakan proses pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka. Jadi, jika menjadi seorang pengajar atau pemberi materi harus memiliki komponen yang bisa dikatakan konten pembelajaran. Semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam kelas maya
b. Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras merupakan alat yang dapat digunakan oleh siswa atau penerima bahan ajar untuk dapat terhubung dengan pengajar. Perangkat keras yang dimaksud adalah berupa komputer, laptop, tablet, ataupun smartphone.
c. Perangkat lunak (software)
Pada saat ini ada banyak sekali perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai pendukung terlaksananya kelas maya. Perangkat lunak yang banyak digunakan dalam kelas maya yaitu seperti Learning Management System (LMS), Learning Content Management System (LCMS), dan Social Learning Network (SLN).
d. Strategi komunikasi
Strategi komunikasi atau interaksi dalam kelas maya ini menyangkut dari bagaimana siswa mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, hingga bagaimana cara siswa mengikuti ujian dalam kelas maya.
e. Jaringan internet
Nah, ini adalah unsur penting dalam berjalanya kelas maya atau virtual class yaitu jaringan internet, hukum memiliki jaringan internet dala kelas maya adalah wajib. Kenapa? Ya, karena hal ini disebabkan oleh segala sesuatu yang dilakukan oleh siswa dan pengajar dilakukan melalui jaringan internet
Artikel diatas tadi merupakan pengertian kelas maya atau virtual class, begitu juga dengan penerapan kelas maya dalam dunia pembelajaran serta komponen pendukung untuk dapat berjalanya kelas maya atau virtual class. Semoga artikel ini menjadi manfaat kepada sobat semua.

No comments:

Post a Comment