Thursday, August 9, 2018

Langkah-Langkah Menulis Karangan Eksposisi Dengan Tepat & Cepat

LANGKAH-LANGKAH MENULIS KARANGAN EKSPOSISI
Langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menulis eksposisi adalah sebagai berikut.

  1.  Menentukan tema yang akan disajikan Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema. Dengan langkah ini, pada saat menulis kita akan terfokus pada tema tersebut, sehingga dapat lebih menjiwai tulisan yang dibuat. Sifat-sifat tema yang dikembangkan dalam teks eksposisi sebagai adalah:                                                                   (a) data faktual; yaitu kondisi yang benar-benar terjadi, ada, dan dapat bersifat historis,               (b) suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta, dan                                 (c) fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian. 
  2. Menentukan tujuan eksposisi Setelah menentukan tema yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.
  3.  Memilih data yang sesuai dengan tema Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.
  4.  Membuat kerangka karangan Sebelum pembuatan karangan eksposisi, kita harus terlebih dahulu membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis, agar memudahkan kita dalam mengembangkan karangan kita.
  5.  Pembahasan dan mengembangkan kerangka karangan Setelah kerangka karangan tersusun, kita perlu mengembangkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat terwujud, sehingga eksposisi dapat bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam hal ini, pengarang diharapkan bisa menjelaskan maksud dari tema dengan disertai bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasannya. 
  6. Membuat kesimpulan Sesuai dengan tujuan penulisan karangan eksposisi, maka kesimpulan harus ada dan sejalan dengan tema yang dibahas, bahkan sebaiknya memperkuat tesis yang diajukan. 

No comments:

Post a Comment